KLHK dan PWI tanam mangrove di TWA Angke peringati Hari Pers Nasional

KLHK dan PWI tanam mangrove di TWA Angke peringati Hari Pers Nasional
Menteri LHK Siti Nurbaya (kedua kiri) bersama Ketua Umum PWI Pusat Hendry CH Bangun (kanan) dalam kegiatan penanaman mangrove di Jakarta, Sabtu (17/2/2024). ANTARA/HO-KLHK

Jakarta (ANTARA) – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) melakukan penanaman mangrove di Taman Wisata Alam (TWA) Angke Kapuk Jakarta dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional 2024.

“Menanam mangrove kali ini karena kita tahu bersama mangrove Indonesia merupakan mangrove terluas di dunia yang mencakup sekitar 23 persen dari keseluruhan luasan mangrove dunia,” ujar Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya di Jakarta, Sabtu.

Penanaman mangrove itu dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) yang diperingati setiap 9 Februari dan tahun ini rangkaiannya diselenggarakan di Jakarta pada 17-20 Februari 2024 dengan tema “Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Merawat Keutuhan Bangsa”.

Menteri LHK Siti Nurbaya bersama beberapa tokoh pers termasuk Ketua Umum PWI Pusat Hendry CH Bangun dan Ketua Dewan Penasihat PWI H Ilham Bintang menanam mangrove di area TWA Angke Kapuk yang merupakan kawasan konservasi alam sekaligus pariwisata alam di bawah pengelolaan Balai Konservasi SDA Jakarta.

Usai penanaman, Menteri LHK menyatakan terima kasih kepada insan pers memiliki kesadaran akan pelestarian alam khususnya mangrove.

Ia menyebutkan Kementerian LHK telah bertahun-tahun berkolaborasi dengan insan pers dalam mempublikasikan upaya penanaman pohon dalam peringatan Hari Pers Nasional, seperti di Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Tenggara, dan saat ini di TWA Angke.

“Pers itu sangat penting bukan hanya untuk pemerintah, tetapi juga untuk kehidupan. Secara teori menurut Friedman peran pers antara lain sebagai story teller, social control, dan event shape. Tiga hal tersebut yang bisa memberikan pengaruh terhadap apa yang bisa dan akan terjadi dalam suatu negara. Jadi, peran pers sangat penting,” tutur Siti.

Dalam kesempatan itu, Ketua PWI Hendry CH Bangun merasa tersanjung diajaknya insan pers dalam menyukseskan kegiatan menanam pohon terutama mangrove yang menjadi salah satu kekayaan Bangsa Indonesia.

Ia setuju jika upaya pengelolaan lingkungan itu penting sekali dan apa yang sudah dilakukan oleh KLHK dalam menjaga lingkungan dan hutan Indonesia perlu disuarakan lebih luas lagi agar diketahui publik dengan baik.

“Kami melihat apa yang sudah dikelola ini sudah baik, tetapi ini belum banyak diketahui oleh masyarakat, ini memang tugas kami untuk memberitakan keberhasilan-keberhasilan upaya pemerintah, khususnya juga pada upaya perlindungan alam yang baik bagi kehidupan masyarakat,” ujarnya. https://documentsemua.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*