Twitter X Down Jelang Debat Cawapres 2024

Jakarta, CNBC Indonesia – X atau yang dulu Twitter mengalami down pada siang hari ini, Kamis (21/12/2023).

Berdasarkan pantauan CNBC Indonesia, aplikasi Twitter sama sekali tidak bisa dibuka, baik di HP Android dan iPhone juga via website.

Ketika aplikasi dibuka, tampilan yang seharusnya berisi timeline Untuk Anda atau For You, ganti menjadi Welcome to your Timeline layaknya baru mendownload aplikasi pertama kali. Dan hanya muncul rekomendasi akun-akun rekomendasi yang bisa kita follow.

Begitu juga ketika digeser ke pilihan Following, tidak muncul cuitan dari akun-akun yang kita follow. Tampilannya malah memperlihatkan twit kita sendiri.

Ketika dicoba merefresh timeline, twit yang muncul hanya iklan acak tanpa kejelasan apa-apa. Untuk nge-twit masih bisa, namun tidak akan tampil dalam timeline.

Menurut laman downdetector, laporan X error meningkat dalam satu jam terakhir. Laporan masuk sekitar pukul 12.30 dan mencapai puncak pelaporan terbanyak pada 13.00.

Masalah yang dilaporkan terbanyak 54 persen soal aplikasi, 39 persen soal koneksi server, dan 6 persen soal masalah login atau masuk.

Sepertinya kejadian ini tidak hanya dirasakan pengguna di Indonesia saja. Pengguna di Eropa seperti London, Manchester, dan Amerika seperti di New York, juga berbondong-bondong melaporkan masalah yang sama. Begitu juga dengan negara tetangga seperti Singapura, Filipina, dan Malaysia.

Gangguan pada X/Twitter terjadi sehari sebelum debat perdana cawapres 2023 yang digelar pada 22 Desember 2023 besok.

Berkaca dari debat perdana capres pada 12 Desember lalu, X/Twitter menjadi salah satu platform yang paling banyak digunakan untuk mendiskusikan berbagai topik terkait adu gagasan para paslon.

Bahkan, hingga beberapa hari setelah debat berlangsung, daftar trending topic di X/Twitter masih dipenuhi diskusi soal opini dari tiga paslon. Hingga berita ini dirilis, kondisi X/Twitter belum pulih. https://terserahapapun.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*