Jelang Debat Cawapres Perdana, Bos Warteg Soroti Harga-IKN

Jakarta, CNBC Indonesia – Setelah debat perdana calon presiden (capres) digelar pada hari Selasa, 12 Desember 2023 lalu, KPU juga akan menggelar debat calon wakil presiden (cawapres) perdana. Debat ini akan digelar di JCC Senayan, Jakarta Pusat pukul 19.00 WIB,

Ketua Komunitas Warteg Nusantara (Kowantara) Mukroni pun menyampaikan harapan pedagang warung makan atau yang kerap disebut ‘warteg’ (Warung Tegal).

“Ada 10 harapan pemilik warteg terhadap calon presiden dan calon wakil presiden dalam debat tanggal 22 Desember 2023 nanti. Yang temanya soal ekonomi, APBN, dan lainnya,” katanya kepada CNBC Indonesia, Rabu (20/12/2023).

“Pertama, pemilik warteg berharap capres dan cawapres dapat menjaga harga bahan baku seperti beras, sayuran, dan daging agar biaya operasional bisa terkendali,” ujarnya.

Kedua, dia berharap capres dan cawapres memperkenalkan kebijakan yang memudahkan regulasi bisnis, sehingga warteg beroperasi tanpa beban perizinan.

Ketiga, ujarnya, pemilik warteg ingin melihat dukungan nyata para paslon terhadap usaha kecil seperti warteg, termasuk dengan dukungan insentif dan bantuan pengembangan usaha.

“Keempat, pemilik warteg berharap capres dan cawapres mendukung kemudahan akses keuangan yang mudah dan murah, lewat pinjaman makro maupun ke lembaga keuangan,” katanya.

“Kelima, kami berharap ada investasi pendidikan dan pelatihan tenaga kerja, sehingga bisa menemukan pekerja dengan keterampilan sesuai, untuk membantu meningkatkan kualitas warteg,” ujar Mukroni.

Keenam, kata dia, berharap capres dan cawapres mempunyai kebijakan pajak yang adil dan terjangkau bagi usaha kecil seperti warteg.

Ketujuh, pemilik warteg berharap jaminan komitmen untuk pembangunan infrastruktur demi peningkatan akses bagi masyarakat, pelanggan warteg, dan fokus pada rakyat bawah.

“Apakah pembangunan IKN urgen dan penting bagi rakyat bawah?” sebutnya.

Kedelapan, kata Mukroni, pemilik warteg berharap calon pemimpin RI nantinya mempunyai program untuk kesejahteraan yang dapat mendongkrak daya beli masyarakat.

“Supaya dampak positifnya dapat dirasakan karena sekarang daya beli belum pulih,” kata Mukroni.

Harapan kesembilan, lanjutnya, pemilik warteg berharap calon pemimpin memiliki kebijakan lingkungan yang berkelanjutan dan energi ramah lingkungan.

“Harga bahan-bahan baku warteg naik tidak lepas karena kondisi iklim dan lingkungan,” cetusnya.

“Kesepuluh, kami berharap lingkungan yang mendukung pertumbuhan bisnis kecil, memberi peluang untuk ekspansi dan pemasaran lebih baik dengan memperbanyak industri padat kerja,” kata Mukroni.

Tema Debat

Seperti diketahui, debat kali ini adalah debat ronde kedua jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 nanti. Total, KPU akan menggelar debat sebanyak 5 ronde, yaitu 3 kali untuk capres dan 2 kali untuk cawapres. Artinya, debat digelar tidak berbarengan pasangan calon (paslon). Setiap pegelaran debat akan disiarkan secara langsung di sejumlah stasiun TV dan radio.

Debat cawapres perdana ini akan digelar pada hari Jumat, 22 Desember 2023. Dan akan disiarkan langsung oleh TransTV, Trans7, CNN Indonesia, Kompas TV, dan BTV.

Rencananya akan ada 6 segmen dan 11 panelis yang terdiri dari anggota Ombudsman RI, akademisi dan ekonom.

Sementara tema untuk debat perdana cawapres ini adalah ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital),keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD, infrastruktur, dan perkotaan. https://gitarisgila.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*