Gaun Putri Diana Terjual Rp17 Miliar, Termahal dalam Sejarah!

Jakarta, CNBC Indonesia – Gaun yang dikenakan Putri Diana, Princess of Wales, pada tahun 1985 berhasil terjual dalam acara lelang di Julien’s Auctions di Hollywood seharga US$1.148.080 atau sekitar Rp17,8 miliar! Gaun tersebut memecahkan rekor baru sebagai pakaian yang dikenakan Diana dan terjual paling mahal di lelang.

Mulanya, gaun malam dengan nuansa bintang di langit gelap itu diperkirakan terjual seharga US$100.000, namun ternyata berhasil terjual 11 kali lipat dari harga perkiraan. 

Laporan BBC menyebut bahwa Diana pertama kali mengenakan gaun itu di Florence, Italia pada tahun 1985 saat makan malam. Pada saat itu, Diana sedang melakukan tur kerajaan bersama suaminya Charles, Pangeran Wales. Kali kedua Diana mengenakan gaun itu pada saat menghadiri Orkestra Simfoni Vancouver pada tahun 1986.

Diana, Putri Wales (1961 - 1997) mengenakan gaun karya Jacques Azagury saat menghadiri balet di Barbican Centre di London, Januari 1988. (Foto oleh Arsip Putri Diana/Getty Images)
Diana, Putri Wales (1961 - 1997) mengenakan gaun karya Jacques Azagury saat menghadiri balet di Barbican Centre di London, Januari 1988. (Foto oleh Arsip Putri Diana/Getty Images)

Gaun tersebut dibuat dari kain yang dipilih oleh pedagang tekstil terkenal dunia Jakob Schlaepfer dan menampilkan bintang bersulam metalik yang dijalin dengan cermat oleh tim desain di Jacques Azagury.

Rok balerina dianggap sebagai bentuk dukungan Putri Diana terhadap Balet Nasional Inggris dan kecintaannya pada menari.

Sebelumnya, pakaian termahal milik Putri Diana yang terjual di lelang adalah gaun beludru tahun 1991 karya Victor Edelstein yang dijual seharga US$604.800 pada bulan Januari. Itu berarti gaun Jacques Azagury milik Putri Diana terjual dengan harga hampir dua kali lipatnya. 

Pakaian lain milik Putri Diana yang juga berhasil terjual dalam acara lelang di Julien’s Auctions adalah sebuah blouse yang dikenakan Sang Putri dalam foto pertunangannya pada 1981. Blouse itu memiliki aksen lipat di depan dan terjual seharga US$381,000 atau sekitar Rp5,8 miliar. https://lakbanhitam.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*