BI Hadirkan Pameran Uang dari Masa ke Masa, Catat Tanggalnya!

Jakarta, CNBC Indonesia – Dalam rangka menyemarakkan perolehan penghargaan internasional terhadap uang Rupiah Tahun Emisi 2022, Bank Indonesia menyelenggarakan pameran temporer numismatis di Museum Bank Indonesia mulai tanggal 14 Desember 2023 – 14 Januari 2024.

Pameran numismatis ini dinamai Pameran Temporer D’Commentry (The Communication and Education on Numismatic History) dengan mengusung judul “Tarian dalam Uang”. Sesuai namanya, pameran ini bertujuan memaparkan tari-tarian Nusantara yang tertera di mata uang Indonesia dari masa ke masa.

Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Nita A. Muelgini, menyebut tarian yang ditampilkan di mata uang sebenarnya bukan hanya bentuk karya seni semata, tetapi juga merepresentasikan keberagaman budaya Nusantara.

“Lewat tarian, Bank Indonesia ingin menampilkan Indonesia dengan keberagaman budaya yang terefleksi dalam uang. Semoga ini bisa menjadi magnet bagi pengunjung Museum Bank Indonesia,” katanya.

Menariknya, Kepala Museum Bank Indonesia, Hary Nugroho Susanto, mengatakan pameran tak hanya memamerkan tarian pada desain uang masa kini saja, tetapi juga dari masa kolonial.

Pameran Foto: Pameran “Tarian dalam Uang” Museum Bank Indonesia. (Istimewa)
Pameran “Tarian dalam Uang” Museum Bank Indonesia. (Istimewa)

Sebab, belum banyak orang tahu rupanya tari-tarian dan kebudayaan Nusantara sudah digunakan oleh penjajah di mata uang tempo dulu. Ambil contoh, dalam desain uang seri tahun 1933-1939. Di mata uang tersebut ditampilkan Wayang Orang dengan tujuan untuk menarik minat pribumi menggunakan uang pemerintah kolonial.

Total, ada 24 uang kuno dari masa kolonial yang ditampilkan selama periode pameran. Selain memamerkan tarian di uang kuno, Bank Indonesia di pameran temporer ini juga mengadakan side event lain.

Antara lain lokakarya menari, workshop melukis, dan educative performance. Semuanya bisa diikuti selama periode pameran oleh pengunjung lintas profesi dan generasi di Museum Bank Indonesia. https://belajarlahlagi.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*