Begini Cara PT GNI Tingkatkan Kualitas SDM

Jakarta, CNBC Indonesia – Perusahaan smelter nikel PT Gunbuster Nickel Industry (PT GNI) menggandeng Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan Institut Teknologi Bandung (FTTM ITB) dengan menggelar pelatihan dan penelitian di Bidang Pirometalurgi.

Pelatihan yang dilakukan secara online pada Maret 2023 tersebut merupakan bagian dari Corporate Social Reponsibility (CSR) PT GNI di bidang Pendidikan. Selain adanya pelatihan dan penelitian, PT GNI juga memberikan alat laboratorium berupa Benchtop Scanning Electron Microscope (SEM) untuk kebutuhan penelitian di FTTM ITB.

Head of Corporate Communication PT GNI Mellysa Tanoyo mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan upaya untuk mendorong pengembangan anak-anak bangsa dalam hal kompetensi, pengetahuan, skill, dan meningkatkan kontribusinya dalam industri minerba.

“Pihak industri dan lembaga pendidikan merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Sehingga ini menjadi momentum PT GNI untuk berkontribusi di bidang pendidikan serta mendorong kemajuan industri mineral dan logam di Indonesia,” lanjut Mellysa.

Selanjutnya, diadakan juga workshop yang membahas seputar dunia kerja, tips dan trik tentang persiapan melamar kerja, cara membuat CV, cara menjawab pertanyaan HRD, gesture yang tepat saat interview, dan lain-lain.

Mellysa menambahkan workshop yang dihadirkan ini juga untuk mempersiapkan para mahasiswa mengenai lapangan pekerjaan dan meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang Pirometalurgi.

“Kami berharap acara ini dapat membantu para mahasiswa untuk mencari tahu mengenai lapangan pekerjaan dan mempersiapkan diri untuk menghadapi dunia kerja,” tambah Mellysa.

Mellysa berharap bahwa acara ini dapat memberikan banyak manfaat dan wawasan yang lebih luas untuk menjadi bekal bagi mahasiswa, agar semakin kompetitif dalam menghadapi dunia kerja.

PT GNI akan terus berkontribusi dalam pengembangan SDM, khususnya di bidang pendidikan. Dengan majunya pendidikan di Indonesia, akan menciptakan SDM yang terampil dan dapat bersaing di dunia kerja.

“Selain itu, kami juga berharap kegiatan ini dapat memperkuat hubungan sinergis antara PT GNI dan FTTM ITB sehingga kolaborasi ini dapat terus tumbuh dan tidak hanya bermanfaat bagi kedua belah pihak namun juga bagi masyarakat Indonesia,” pungkasnya.

Meski demikian tingkat pengangguran terbuka (TPT) masih berada di atas 5%. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat TPT di Indonesia sebesar 7,86 juta orang per Agustus 2023 atau setara dengan sebesar 5,32%.

Sementara itu, penduduk usia kerja mencapai 212,59 juta orang atau naik 3,17 juta orang. Jumlah tersebut terdiri dari angkatan kerja sebesar 147,71 juta orang dan bukan angkatan kerja 64,88 juta orang.

Oleh karena itu, sebelumnya, PT GNI juga mendorong pelatihan yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Morowali Utara (Morut), Sulawesi Tengah, dalam mengadakan pelatihan peningkatan keterampilan dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Morut agar siap mengisi pasar kerja yang terbuka.

Hal ini menjadi salah satu bentuk Upaya dan komitmen PT GNI dalam pengembangan SDM dan penyerapan tenaga kerja. Kerja sama serta kolaborasi dari berbagai pihak ini adalah cara untuk membantu mewujudkannya. https://nutriapel.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*